IAIN Manado – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado melalui Rumah Moderasi Beragama (RMB) IAIN Manado, pada Senin (23/10/2023), mendapat kunjungan mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng, asuhan Pastor Damianus Pongoh, S.S., Lic. Ar. Is. Dalam kunjungan tersebut juga sekaligus dilakukan kuliah tematik terpadu bertajuk “Rumah Moderasi Beragama dan Diskursus Dialog Antaragama” oleh Ali Amin, Ph.D (Ketua RMB IAIN Manado) dan Pastor Damianus Pongoh, S.S., Lic. Ar. Is (STF Seminari Pineleng). Kuliah tematik ini juga sekaligus sebagai sosialisasi Rumah Moderasi Beragama IAIN Manado dan program-program yang dijalankannya kepada para mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng yang merupakan para calon pastor dan biarawati.

Ketua LP2M IAIN Manado, Dr. Ardianto, M.Pd, dalam sambutannya mengapresiasi kunjungan mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng yang sekaligus dirangkaikan dengan kuliah tematik dan sosialisasi konsepsi moderasi beragama yang dibangun di IAIN Manado dan juga di STF Seminari Pineleng. Ia berharap bahwa kegiatan serupa di waktu mendatang dapat terus dilakukan sehingga akan dapat saling memahami dan mengokohkan peran masing-masing sebagai aktor pencipta harmoni sosial dalam kehidupan masyarakat yang majemuk dan multikultural di Sulawesi Utara khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Selain mahasiswa STF Seminari Pineleng, kegiatan yang dipandu oleh Rahman Mantu, M.A selaku sekretaris RMB IAIN Manado itu juga turut dihadiri oleh mahasiswa dan dosen IAIN Manado. Usai pelaksanaan kuliah yang berlangsung di room theather gedung Fakultas Syariah Lt. 4, para rombongan mahasiswa STF Seminari Pineleng juga berkunjung ke Rumah Moderasi Beragama yang terletak di Lt. I gedung LP2M IAIN Manado. (at)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *