• April 24, 2024
  • Admin LP2M
  • 0

IAIN Manado – Rumah Moderasi Beragama (RMB) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado yang merupakan bagian integral Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Manado pada 13-14 Maret bertempat di Swissbell Hotel Manado adalah salah satu lembaga yang diikutkan pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka konsultasi dan asesmen pelaksanaan program beasiswa lokalatih dan pelembagaan mediasi lintas-iman di Kota Manado. Keikutsertaan RMB IAIN Manado merupakan sinergi yang dibangun dengan Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD) dan Yayasan Paramadina Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut hadir tokoh-tokoh agama , utusan kantor pemerintahan kota Manado, serta aktivis dan pegiat lintas iman. Adapun program lokalatih yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Mei itu melibatkan 30 peserta dari tokoh dan pegiat dialog lintas-iman, termasuk anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Program ini juga akan melibatkan aktor-aktor pemerintahan setempat, khususnya dari kantor Kementerian Agama dan Pemerintahan Kota. Tujuan lokalatih ini adalah memperkuat pengetahuan dan keterampilan mediasi para peserta dan pelembagaan mediasi. Para peserta nantinya diharapkan dapat menggunakan pendekatan mediasi dalam mengantisipasi dan menyelesaikan konflik lintas agama di masyarakat.

Dalam pertemuan yang berlangsung 2 (dua) hari itu, pihak RMB IAIN Manado dihadiri oleh Ketua RMB IAIN Manado, Ali Amin, Ph.D., Sekretaris RMB IAIN Manado, Rahman Mantu, M.A. dan akademisi IAIN Manado, Sulaiman Mappiasse, Lc., M.Ed., Ph.D. (at)

Link berita terkait:

PUSAD dan RMB IAIN Manado Bersinergi Bangun Kapasitas Mediasi Tokoh Agama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *