Pada tanggal 27 Desember 2023, Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Manado bersama dosen-dosen penerima bantuan menggelar kegiatan monitoring dan menyajikan laporan kemajuan Program Penerbitan Buku Ajar Tahun 2023. Kegiatan diadakan melalui Zoom Meetings pada pukul 9.30 Wita-Selesai. Ketua LP2M IAIN Manado, Dr. Ardianto, M.Pd. dalam sambutannya menyatakan upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mendukung pengembangan kurikulum di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, kegiatan ini menjadi bagian integral dari inisiatif strategis untuk meningkatkan ketersediaan materi ajar berkualitas yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan pembelajaran di era modern.

Dalam kegiatan monitoring dan penyajian laporan kemajuan penulisan buku ajar tersebut, dipandu oleh Dr. Hadirman, S.Pd., M.Hum. Penulis diberikan kesempatan untuk memaparkan kemajuan penulisan buku ajar. Tim LP2M IAIN Manado fokus menilai proses penulisan buku ajar, memastikan kualitas akademis, kejelasan konsep, dan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku. Evaluasi juga dilakukan terhadap desain grafis dan presentasi buku untuk memastikan materi pembelajaran dapat disampaikan secara menarik dan mudah dipahami oleh para pembaca, terutama mahasiswa. Selain itu, dosen yang menjadi penulis buku ajar terlibat dalam sesi interaksi untuk berbagi pengalaman, pemahaman, dan tujuan dari buku yang mereka tulis.

Laporan kemajuan Program Penerbitan Buku Ajar Tahun 2023 menunjukkan bahwa sebanyak 15 judul buku ajar berhasil dihasilkan, mencakup berbagai mata pelajaran yang diajarkan di lingkungan IAIN Manado. Evaluasi menyatakan bahwa buku-buku tersebut mendapatkan penilaian tinggi dalam hal kualitas akademis, desain grafis yang menarik, dan relevansi dengan kurikulum. Terdapat juga catatan positif terkait interaksi antara dosen sebagai penulis dan tim monitoring, menciptakan sinergi yang menguntungkan dalam penyempurnaan isi buku dan proses penulisan ke depannya.

Laporan kemajuan ini menjadi indikator kesuksesan dalam mencapai tujuan penerbitan buku ajar, membuktikan bahwa program ini memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan akademik di IAIN Manado. Program Penerbitan Buku Ajar Tahun 2023 diharapkan akan terus berlanjut, mendukung pendidikan yang bermutu dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang berkualitas bagi mahasiswa. Pada sesi pentup, Ketua LP2M IAIN Manado memberikan apresiasi kepada para penulis buku ajar yang telah mengikuti dan kegiatan dan menyampaikan bahwa, alhamdulliah kisaran 85 % kemajuan penulisan buku ajar telah dicapai, sesuai target, dan memastikan pengendalian tetap berjalan melalui lembaga, “pungkasnya” (27/12/2023)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *