IAIN Manado – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) pada tahun 2023 kembali mengutus mahasiswa untuk berparitisipasi dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi Nusantara yang kali ini dilaksanakan di Maluku Utara dengan tuan rumah pelaksana kegiatan adalah IAIN Ternate. Sebanyak 4 (empat) orang mahasiswa yang diikutkan masing-masing 2 (dua) orang mahasiswa dari Fakultas Syariah dan 2 (dua) orang mahasiswa dari Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Keikutsertaan mahasiswa IAIN Manado dalam kegiatan KKN Kolaborasi Nusantara ini merupakan wujud komitmen IAIN Manado untuk memberikan penguatan pengalaman kepada mahasiswa sekaligus sebagai salah satu upaya penguatan karakter multikultural kepada mahasiswa yang merupakan core values pengembangan tridharma IAIN Manado.

Selama 40 hari pelaksanaan kegiatan, pada Senin, (2/10/2023), kegiatan secara resmi ditutup dan sekaligus penarikan seluruh mahasiswa peserta KKN ke kampus asalnya masing-masing. Kegiatan penutupan KKN Kolaborasi Nusantara yang dilaksanakan di kampus IAIN Ternate turut dihadiri oleh Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M IAIN Manado. Dr. Munir Tubagus, S.Kom., M.Cs. Hadir dalam kegiatan yang sekaligus menutup secara resmi kegiatan KKN Kolaborasi Nusantara adalah Rektor IAIN Ternate, Prof. Dr. H. Radjiman Ismail, M.Pd. Selain itu, juga turut hadir pimpinan perguruan tinggi lainnya yang mengikutsertakan mahasiswanya dalam KKN Kolabarasi Nusantara tahun 2023.

Dalam sambutannya, Dr. Munir Tubagus, S.Kom., M.Cs., selaku Kapus PKM LP2M IAIN Manado, mengungkapkan rasa bangga dan cinta terhadap semua mahasiswa yang telah berpartisipasi dalam KKN Kolaborasi Nusantara. Ia mengakui bahwa mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, seperti IAIN Ternate, IAIN Manado, UIN Sunan Ampel Surabaya, dan IAIN Sultan Amai Gorontalo telah berhasil melaksanakan program ini dengan baik. “KKN Kolaborasi Nusantara 2023 di IAIN Ternate tidak hanya menjadi sukses dalam menguatkan hubungan antarperguruan tinggi, tetapi juga telah memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat di daerah yang terlibat. Semangat dan semakin eratnya kerja sama perguruan tinggi di kawasan Timur Indonesia diharapkan dapat terus ditingkatkan untuk pembangunan dan kemajuan yang lebih baik di masa depan”, ungkap Dr. Munir.

Kegiatan penutupan yang juga sekaligus dirangkaikan dengan kegiatan expo produk KKN sebagai karya pengabdian mahasiswa berlangsung diikuti antusias oleh seluruh peserta KKN dan civitas akademik IAIN Ternate. (mt/admin)

Link berita terkait: https://iain-manado.ac.id/2023/10/02/kkn-kolaborasi-nusantara-2023-kapus-pkm-iain-manado-tekankan-pengalaman-luar-biasa/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *