KKN Internasional: Rapat Perdana dengan PCINU Jepang

Selasa, 13 Desember 2023, LP2M menjajaki peluang kerjasama dengan PCINU Jepang dalam pelaksanaan KKN Internasional tahun 2024. Pertemuan yang dilaksanakan pada pukul 19.00 WITA secara daring (online) itu dihadiri oleh Rektor IAIN Manado, Prof. Ahmad Rajafi, tim kerja LP2M, dan Pengurus PCINU Jepang.

Dalam sambutanya, rektor menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya pertemuan ini sebagai langkah awal dalam membangun komunikasi dan koordinasi dalam mewujudkan harapan IAIN Manado untuk mengirimkan mahasiswa di Jepang agar dapat mengaktualisasikan diri dan memperoleh pengalaman berharga bagi pengembangan kapasitas SDM di Sulawesi Utara. Tambahnya, LP2M memegang kendali atas kesuksesan KKN Internasional tahun 2024, oleh karenanya perlu direncanakan dengan baik terkait MoU, SOP, dan Monev, sehingga tahun depan betul – betul dapat terlaksana.
Ketua LP2M, Dr. Ardianto, M.Pd, dalam sambutannya menyanggupi permintaan rektor untuk mensukseskan KKN Internasional dengan mensinergikan kapasitas tim kerja LP2M.

Pengurus PCINU Jepang, Lutfi Bakhtiyar, membagikan cerita terkait pengalamanya mendampingi mahasiswa KKN dari berbagai PTKIN seperti UIN Bandung, UIN Semarang, dan UIN Jakarta. Beliau medaftar beberapa keahlian mahasiswa yg dibutuhkan untuk mengabdi di Jepang seperti bahasa asing (Arab/Inggris), multimedia, keagamaan, dan psikologi.

Dalam beberapa hari ke depan akan ada pertemuan lanjutan terkit dengan isi dari perjanjian kerjasama antara IAIN Manado dengan PCINU Jepang. (R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *