Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat LP2M IAIN Manado mengadakan Webinar BiiRiset Lip-Inpro #2 dengan Tema: Isu-Isu Riset Sastra, Budaya, dan Pendidikan Karakter. Kegiatan ini mengundang narasumber Ketua Umum Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Pusat, Prof. Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum (Guru Besar Antropologi Sastra, Universitas Negeri Yogyakarta). Materi yang disampaikan adalah arah: perspektif multidi siplin (makro sastra), epistemolgi sastra, perspektif budaya sastra, perspektif teologi sastra, dan relationship of research of literature to theory and perspektif. Kegiatan dilaksanakan melalui online Zoom Meeting pada pukul 09.30 Wita, tanggal 14 September 2023.

Kegiatan dipandu salah satu dosen FTIK IAIN Manado yang juga pegiat/penulis puisi, Gina Nurvia Darise, M.Pd. yang diawali memperkenalkan profil singkat narasumber dan menjelaskan prolog tema diskusi mengenai esensi sastra dalam pendidikan karakter di perguruan tinggi. Kegiatan diawali dengan sambutan Ketua LP2M IAIN Manado, Dr. Ardianto, M.Pd. Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu riset pada dosen IAIN Manado dengan tema-tema yang variatif dan prospektif untuk memberi manfaat lebih luas kepada masyarakat luas.

Kegiatan dihadiri peserta dosen IAIN Manado, pengurus HISKI Sulawesi Utara dan Indonesia, Komunitas Guru Mengajar Regional Sulawesi, peneliti dari BRIN, Asosiasi Tradisi Lisan, mahasiswa IAIN Manado, dan dosen dan mahasiswa di seluruh Indonesia. Kegiatan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dan berdisikusi dengan narasumber. Di akhir acara kegiatan ditutup, Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Manado, Dr. Hadirman, S.Pd., M.Hum. dengan dengan penyampaian kegiatan bulan depan (Oktober) yang akan diisi narasumber yang bergelar professor dan pakar di bidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *