LP2M IAIN Manado – Jumat (15/09/2023), bertempat di Ruang Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Manado lantai 2, tim pengelola Jurnal Prodi TBI dengan didampingi secara langsung oleh Ketua LP2M, Dr. Ardianto, M.Pd., dan Pengelola Rumah Jurnal IAIN Manado, Faradila Hasan, M.H., menyelenggarakan pendampingan pengajuan akreditasi Journal of English Language Teaching, Linguistics and Literature Studies (JELTIS).

Pengusulan akreditasi jurnal prodi ini dimaksudkan untuk memperoleh penilaian eksternal bertaraf nasional melalui laman ilmiah Science and Technology Index (SINTA) yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek, terutama pada aspek kualitas agar dapat menjadi salah satu tujuan utama dalam mencari sumber referensi, khususnya dalam kajian ilmu pendidikan dan linguistik Inggris, dan sastra Inggris sebagaimana scope jurnal yang tercantum pada laman Open Journal Systems (OJS).

Selain untuk meningkatkan dan menjaga mutu, pengajuan ini dilakukan karena JELTIS: Journal of English Language Teaching, Linguistics, and Literature Studies telah memenuhi syarat. Di mana jurnal tersebut telah melakukan publish issue dengan jumlah 6 artikel di setiap terbitan dan dilakukan secara berkala, yaitu pada periode Agustus dan Desember. Tercatat hingga sekarang, terdapat 5 terbitan yang telah dipublish, sejak volume 1 nomor 1 tahun 2021. Artikel yang telah terpublish dapat diakses melalui browser google scholar.

Pada tahap penilaian evaluasi diri, tim berusaha melakukan penilaian seobjektif mungkin. Sebagai jurnal yang masih hijau, tentu tim menyadari terdapat banyak kelemahan yang perlu dibenahi. Namun, tim berharap agar nilai akumulatif yang diperoleh pada Laporan Evaluasi Diri (LED) tidak terlalu berjarak dengan penilaian dari asesor kelak dan sesuai dengan ekspektasi tim (fadlan & at)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *