Setelah tertunda selama satu tahun akibat pandemi, KKN Nusantara, Riset Kolaboratif Peace Building kerjasama antara UIN Sunan Ampel Surabaya, IAIN Manado dan IAKN Manado resmi dibuka pada Senin 4 Juli 2022 di Aula BPMP Sulawesi Utara. Dalam acara pembukaan yang dilanjutkan dengan pembekalan peserta hadir dan memberi sambutan, Inisiator Program yang juga merupakan Kepala Pusat Pengabdian pada Masyarakat LPPM UINSA Prof. Dr. Rubaidi, Rektor IAIN Manado Delmus Puneri Salim, PhD dan Rektor IAKN Manado Pdt. Dr. Jeane Tulung.

Program mengambil tema “Penguatan Moderasi Beragama Merajut Multikulturalisme di Indonesia”. Dalam sambutannya Prof. Rubaidi mengatakan bahwa inisiatif pelaksanaan program muncul dari keinginan mengurangi segregasi antar umat beragama dalam masyarakat. Rektor IAIN Manado berpesan agar peserta menyebarkan semangat Mapalus yang menjadi perekat kerukunan umat beragama di Sulawesi Utara. Rektor IAKN Manado kemudian menambahkan bahwa semboyan Sitou Tumou Timou Tou (manusia hidup untuk menghidupkan manusia lain) harus dipertahankan.

Program KKN Nusantara tahun ini mengambil tempat di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara dan akan berlangsung selama dua bulan. Kegiatan diikuti oleh 82 orang mahasiswa perguruan tinggi negeri Kementerian Agama dari berbagai daerah di Sulawesi, Jawa dan Sumatera antara lain IAIN Manado, IAKN Manado, UINSA Surabaya, IAIN Ponorogo, IAIN Cirebon, UINRP Palembang, IAIN Kediri, dan IAIN Kendari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *