LP2M IAIN Manado – Demikian inti sari rapat koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Manado dengan Rektor IAIN Manado, Dr. Ahmad Rajafi, M.H.I., pada Selasa (24/10/2023). Rapat yang berlangsung di ruang kerja rektor itu turut dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Mastang Ambo Baba, M.Ag.  

Rapat koordinasi yang dilaksanakan pada pukul 11.00 s.d. 11.50 Wita itu, dihadiri tim manajemen LP2M IAIN IAIN Manado masing-masing, Dr. Ardianto, M.Pd. (Ketua LP2M), Rafiud Ilmudinullah, M.Pd. (Sekretaris LP2M), Dr. Munir Tubagus, S.Kom., M.Cs (Kapus Pengabdian Kepada Masyarakat), Dr. Hadirman, M.Hum (Kapus Penelitian dan Penerbitan), Ali Amin, Ph.D (Kapus Moderasi Beragama) dan Noval Luawo, S.E., M.E (JFT APK LP2M).

Rapat koordinasi berlangsung dengan santai sembari mendengarkan arahan rektor IAIN Manado. Ada beberapa hal penting yang disampaikan rektor, yakni peluang kerja sama dengan UIN Sunan Gunung Djati Bandung di bidang pengabdian kepada masyarakat yang akan ditindaklanjuti pada bulan Januari 2024. Kerja sama tersebut terkait dengan KKN Internasional. Selain itu, rektor juga menyampaikan perluanya dibuat subdomain Proceeding Series berbasis OJS di laman website IAIN Manado untuk menjadi ruang publikasi hasil KKN mahasiswa dalam bentuk artikel ilmiah sebagai bentuk laporan kegiatan. Rektor juga menyampaikan adanya kebijakan mulai tahun 2023 ini untuk meng-HKI-kan karya pengabdian dosen dan mahasiswa  yang dibiayai institusi.

Kepada Rektor, Ketua LP2M IAIN Manado, Dr. Ardianto, M.Pd menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kebijakan-kebijakan strategis yang akan ditetapkan di bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat (PkM), insentif HKI karya pengabdian dosen dan mahasiswa, dan kewajiban publikasi ilmah laporan kegiatan KKN sebagai karya ilmiah PkM, serta kebijakan lainnya yang mendukung penguatan kinerja LP2M. Ia juga melaporkan program kerja yang telah dilaksanakan dan yang akan direncanakan oleh LP2M. Kegiatan yang telah selesai dilaksanakan terkait dengan ekspos hasil BOPTN 2023, rintisan kemitraan LP2M, kegiatan diskusi ilmiah, dan kunjungan dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng, dan kegiatan bencahmarking pengelolaan program penelitian, pengabdian kepada masyarakat, publikasi ilmiah, dan moderasi beragama yang akan dilakukan oleh LP2M UIN Sunan Kaligaja Yogyakarta yang akan dilaksanakan pada 29 Oktober 2023 s.d. 1 November 2023. “Terima kasih atas dukungan pak Rektor untuk kegiatan-kegiatan di LP2M. Melalui dukungan kebijakan rektor, LP2M akan terus berkomitmen membangun sinergi program meningkatkan kapasitas lembaga melalui jaminan mutu penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi ilmiah, serta pengembangan pola kemitraan termasuk kemitraan internasional”, pungkasnya. (admin/hadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *