• October 19, 2023
  • Admin LP2M
  • 0

LP2M IAIN Manado – 18 Oktober 2023, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado menerima kunjungan insidentil dari tim peneliti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang sedang melakukan penelitian kolaboratif dengan dosen IAIN Manado, Telsy Fratama Dewi Samad, M.S.I. Tim diketua oleh Prof. Dr. M. Nur Rianto Al Arif, S.E., M.Si dan beranggotakan Dwi Nur’aini Ihsan, M.M dan Rahmawati. P.hD. Kedatangan mereka di ruang LP2M disambut Ketua LP2M IAIN Manado, Dr. Ardianto, M.Pd., Sekretaris LP2M IAIN Manado, Rafiud Ilmudinulloh, M.Pd., dan Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Manado, Dr. Hadirman, M.Hum, di ruang tamu lantai 1, Gedung LP2M IAIN Manado.

Kedatangan tim UIN Syarif Hidayatullah tersebut dalam rangka melakukan riset “Respon Masyarakat dalam Pengembangan Destinasi Wisata Ramah Muslim di Provinsi Sulawesi Utara”. Ketua LP2M dalam sambutan singkatnya mengatakan bahwa pertama, mengapresisasi dan mengucapkan terima kasih karena ada pihak yang mau berkolaborasi dengan dosen IAIN Manado, kedua, kolaborasi ini akan meningkatkan sinergi dan etos kolaborasi bagi dosen – dosen IAIN Manado untuk melakukan riset kolaboratif serupa. Penelitian ini dilakukan di Sulawesi Utara, daerah monoritas muslim, dengan potensi besar di bidang pariwisata baik alam maupun budaya. Penelitian ini diharapkan mampu mendongkrak aspek pariwitasa di Sulawesi Utara yang ramah terhadap umat muslim melalui regulasi dan penyediaan fasilitas ibadah di sekitar tempat wisata.

Penelitian ini melibatkan informan dari civitas akademika IAIN Manado yang diwakili Dr. Mardan Umar yang juga merepresentasikan tokoh masyarakat muslim kota Manado, dan Jeane Ivone Sondak, S.H (JFU Kepegawaian Biro AUAK IAIN Manado), yang merepsentasikan masyarakat non muslim kota Manado. Dari kedua informan ini diperoleh gambaran umum terkait potensi pengembangan wisata ramah muslim di Sulawesi Utara. Keduanya meyakini bahwa konsep tersebut akan membawa dampak positif bagi perkembangan pariswisata dan perekonominan masyarakat, yang ditunjang dengan meningkatnya wisatawan muslim di daerah minoritas muslim seperti Manado, Sulawesi Utara. (admin/hadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *