LP2M IAIN Manado – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Manado dalam rangka pengendalian dan penjaminan mutu penelitian, pada Senin (16/10/2023), adakan kegiatan Seminar Hasil Penelitian BOPTN tahun 2023. Kegiatan yang berlangsung sehari itu, menghadirkan reviewer eksternal perguruan tinggi, yaitu Prof. Dr. Ilyya Muhsin, M.Si dan Dr. Muhammad Chairul Huda, M.H.I, keduanya adalah dosen UIN Salatiga dan merupakan reviuwer Litapdimas.

Kegiatan seminar hasil penelitian yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Edi Gunawan, M.H.I diikuti oleh seluruh penerima bantuan penelitian BOPTN tahun 2023. Untuk tahun 2023 ini, sebanyak 42 penelitian yang memperoleh bantuan melalui skema BOPTN dengan beragam kluster penelitian. Dengan kegiatan seminar hasil penelitian yang dilaksanakan oleh LP2M ini memberikan kesempatan bagi dosen dan JFT peneliti untuk melaporkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan.

Seminar hasil penelitian ini dilaksanakan secara paralel di yaitu di ruang pertemuan LP2M IAIN Manado dan ruang rapat Lt. 1 Gedung Kuliah Terpadu IAIN Manado. Dalam pembukaan kegiatan yang berlansung di ruang pertemuan Lt. 1 Gedung Kuliah Terpadu, Wakil Rektor I dalam sambutannya mewakili rektor menegaskan tentang output dan outcome penelitian. Menurutnya, para dosen dan JFT yang belum memenuhi tagihan output dan outcome penelitiannya harus diberikan catatan khusus dan secara etis tidak layak merima bantuan penelitian berikutya.

Sementara itu, Ketua LP2M IAIN Manado, Dr. Ardianto, M.Pd., dalam sambutannya mengingatkan kepada para penerima bantuan penelitian tentang pentingnya mitigasi resiko penelitan terutama kemungkinan adanya temuan makro maupun mikro terkait dengan pelaksanaan penelitian. Ketua LP2M IAIN Manado, Diungkapkan bahwa kegiatan seminar hasil penelitian merupakan salah satu bentuk pengendalian dan meningkatkan kepatuhan peneliti dalam menghasilkan laporan akademik, tagihan otput dan outcome sesuai tagihan pada kluster penelitian yang telah diatur dalam juknis penelitian Litapdimas 2023.

Ketua LP2M juga menyampaikan apresiasi kepada para penerima bantuan penelitian, dosen maupun JFT, yang telah menunjukkan progress penelitian yang baik, bahkan beberapa di antaranya telah memiliki outcome penelitian.

Kegiatan yang diikuti antusias oleh penerima bantuan penelitian BOPTN tahun 2023 ini memiliki point plus oleh karena reviewer yang dihadirkan tidak hanya mereview dan memberikan catatan masukan penguatan mutu hasil penelitian, tetapi juga memberikan arahan dan bimbingan teknis penulisan artikel hasil penelitian untuk kepentungan publikasi ilmiah. (hd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *