IAIN Manado – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Manado melalui Pusat Penelitian dan Penerbitan selama 4 (empat) hari (tangggal 6, 7, 8, dan 10) pada pekan kedua Mei 2024 ini akan melaksanakan seminar proposal penelitian berbasis standar biaya keluaran melalui sistem Litapdimas pada IAIN Manado Tahun Anggaran 2024.

Pelaksanaan seminar proposal ini merupakan alur pengelolaan bantuan penelitian berbasis standar biaya keluaran sebagaimana diatur dalam Keputusan Dirjen Pendis Nomor 6571 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Program Bantuan Penelitian Berbasis Standar Biaya Keluaran pada PTKI Tahun Anggaran 2024. Dalam ketentuan tersebut diatur tentang tahapan pengusulan bantuan penelitian sistem Litapdimas mulai dari tahap pendaftaran (online submission), seleksi administrasi, seleksi substansi proposal, penetapan nomine, seminar proposal, penetapan nomine terpilih, penetapan penerima bantuan penelitian, pelaksanaan kegiatan penelitian, pencairan bantuan, laporan antara (progress report) dan penguatan program, monev, review keluaran, seminar hasil, penyerahan laporan akhir (final report) dan hasil (outcome) penelitian.

Dengan mengikuti alur pengelolaan bantuan penelitian itu diharapkan akan terlaksana kegiatan penelitian dengan baik. Terutama pemenuhan output dan outcome penelitian sesuai tagihan pada kluster masing-masing penelitian. Itulah sebabnya tata kelola bantuan dan pelaksanaan penelitian menjadi penting. LP2M sebagai leading sector dharma penelitian memiliki peran penting dan tanggung jawab dalam memastikan terciptanya tata kelola penelitian yang akuntabel dan hasil penelitian yang berkualitas . Dan, hasil penelitian yang berkualitas berawal dari kualitas proposal yang berkualitas. Pada konteks inilah, seminar proposal penelitian ini diadakan untuk menguji dan memastikan orisinalitas, urgensi, konsistensi, dan kualitas proposal penelitian yang telah dibuat oleh calon peneliti.

Pada kegiatan seminar proposal yang akan dilaksanakan secara daring itu dihadirkan narasumber sebagai pembahas masing-masing Prof. Dr. Mashuri Masri, S.Si., M.Kes (UIN Alauddin Makassar), Prof. Syafrimen, M.Ed., Ph.D (UIN Raden Intan Lampung), Dr. Muhdar HM., ST., SE., MM (IAIN Sultan Amai Gorontalo), Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.HI (IAIN Manado), dan Prof. Atun Wardatun, M.Ag., MA., Ph.D (UIN Mataram). Melalui kelima narasumber tersebut yang juga merupakan reviewer Litapdimas diharapkan akan diperoleh masukan dan pendalaman proposal penelitian dari para calon peneliti sebelum ditetapkan sebagai nomine terpilih dan penerima bantuan penelitian IAIN Manado skema pendanaan BOPTN Tahun Anggaran 2024 melalui sistem Litapdimas. (at)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *