• March 5, 2024
  • Admin LP2M
  • 0

Rencana Kunjungan KITL V- Jakarta, Perpustakaan Universitas Leiden, ke LP2M IAIN Manado

Manado, 05 Maret 2024, Ketua LP2M IAIN Manado, Dr. Ardianto, M.Pd, menerima undangan kunjungan dari Yayasan KITLV Jakarta yang merupakan bagian dari Leiden University. KITLV mengutus dua orang staffnya Wulandari, dan Verina Maria untuk bertamu di LP2M Manado pada tanggal 22 Maret 2024 pukul 10.00 WITA dalam rangka melengkapi khazanah koleksi dari wilayah Manado, Sulawesi Utara.

Lembaga tersebut berharap dapat mengkases terbitan – terbitan LP2M baik dalam bentuk buku, jurnal ataupun audio visual. Ketua LP2M menyambut baik tujuan dari kedatangan tersebut dan berkomitmen akan membantu KITLV dalam mengumpulkan data dan hasil penelitian terkait Manado, Sulawesi Utara, melalui artikel dan buku dari dosen – dosen IAIN Manado yang telah terdokumentasikan melalui koordinasi dengan Pengelola Rumah Jurnal dan Litapdimas. Bertandatangan dalam surat tersebut Direktur KILT V- Jakarta, Marrik Bellen.

Sekilas tentang KITLV – Jakarta

Bagi sebagian besar akademisi dan praktisi di bidang humaniora atau sosial budaya istilah KITLV tentu sudah tidak asing lagi karena sering kali diasosiasikan dengan salah satu universitas terkemuka di dunia, Universiteit Leiden. KITLV singkatan dari  Koninklijk Instituut voor de Taal-, Land- en Volkenkunde atau Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Carribbean Studies, Lembaga Studi Asia Tenggara dan Karibia Kerajaan Belanda.

KITLV berdiri sejak 1851 dan berpusat di kota Leiden, Belanda, membuka perwakilannya di Jakarta pada tahun 1969. Lembaga tersebut berkerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyelenggarakan berbagai kegiatan ilmiah.

Sejak 1 Juli 2014 Perpustakaan KITLV di Leiden telah bergabung dengan perpusatakaan Universitas Leiden. Sebagai perpustakaan dan pusat penelitian, Perpustakaan Leiden menghimpun informasi terbitan dan buku-buku dalam bidang humaniora dan ilmu sosial dari instansi pemerintah, swasta, universitas, atau terbitan komersial umum dan terbuka yang disimpan di Perpustakaan Universitas Leiden dalam bentuk asli, microfilm dan digital.

Tugas utama KITLV-Jakarta, sejak pertama kali dibentuk pada 2014, sebagai bagian dari Perpustakaan Universitas Leiden adalah mengakuisisi dan mengkatalogisasi buku dan serial tentang studi Indonesia (khususnya) dan Asia Tenggara (Umumnya), digitalisasi, dan penerbitan. Kantor KITLV – Jakarta yang sekaligus juga perwakilan tetap Universitas Leiden di Indonesia beralamatkan di komplek Kedutaan Besar Kerajaan Belanda. Informasi terkait KITLV dapat diakses melalui www.kitlv.universiteitleiden.id .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *