Home Program

Program

by admin
Program penelitian, publikasi dan pengembangan kajian keilmuan (Research Development and Diffusion Programs of Social Science)
  1. Melakukan penelitian fundamental dalam bidang pendidikan, keagamaan, seni-budaya-humaniora.
  2. Melakukan penelitian dan evaluasi kebijakan dalam bidang kebijakan publik dan sosial keagamaan agar dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan di sektor hubungan antar agama, SDM, pendidikan dan bidang sosial terkait.
  3. Melakukan kerjasama dengan institusi/pengguna dalam pengembangan model/prototip yang bermanfaat nyata untuk memecahkan berbagai problem sosial-keagamaan.
  4. Membantu pengurusan HKI/hak paten atas berbagai karya
  5. Peningkatan iklim budaya meneliti di kalangan dosen, dengan melakukan berbagai seminar yang berkaitan dengan penelitian, seperti; seminar proposal penelitian, dan seminar hasil penelitian; dan sertifikasi hasil penelitian di IAIN Manado
  6. Peningkatan kemampuan meneliti dosen tingkat pemula dan tingkat madya melalui kegiatan pelatihan, lokakarya dan seminar.
  7. Peningkatan efektivitas koordinasi kegiatan penelitian yang didanai baik dari dana internal maupun dana eksternal
Program Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan masyarakat
  1. Meningkatkan kemampuan meneliti dan mengabdi civitas academica, dan mendorong keaktifan civitas academica dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  2. Melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka penerapan hasil-hasill penelitian dan pengkajian kebijakan sosial-keagamaan.
  3. Meningkatkan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan atas kerjasama dengan masyarakat dan pemerintah daerah, pusat dan institusi luar negeri
  4. Memfasilitasi civitas academica dalam pengusulan HKI, dan membantu institut dalam perlindungan HKI yang telah dimiliki.
  5. Melaksanakan pemberdayaan dan pendidikan kepada masyarakat, terutama masyarakat pedesaan melalui KKN Kebangsaan dan Lintas Agama
  6. Melakukan pemberdayaan potensi-potensi masyarakat dan pemanfaat-an potensi IAIN Manado untuk mengembangkan potensi wilayah secara terpadu di Sulawesi Utara dan sekitarnya
Program Penyebarluasan Hasil Penelitian dan Pengabdian
  1. Penguatan manajemen jurnal yang dikelola oleh LP2M, Fakultas dan Pascasarjana: Jurnal Ilmiah Potret Pemikiran, Jurnal Aqlam, Jurnal Ilmiah Iqra, Journal of Islamic Education Policy (JIEF), Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah, dan Jurnal Tasarruf.
  2. Pengajuan akreditasi jurnal
  3. Publikasi dan diseminasi hasil-hasil penelitian melalui penerbitan buku dan jurnal maupun melalui forum-forum ilmiah lainnya.
  4. Pelayanan informasi tentang kegiatan penelitian berbasis teknologi komunikasi dan informasi
Progam Penguatan kapasitas kelembagaan
  1. Penguatan layanan dan manajemen penelitian dan pengabdian
  2. Perluasan dan pengintensifan jaringan kerjasama dengan berbagai instansi terkait, baik dengan instansi pemerintah, swasta, dalam negeri, maupun luar negeri dalam bentuk penelitian, pelatihan, penataran, evaluasi program dan monitoring penyusunan modul.
  3. Pendampingan dalam  kompetisi hibah penelitian dan pengabdian dalam dan luar negeri
  4. Pengendalian/penjaminan mutu penelitian dan pengabdian
  5. Pelatihan berbagai metode penelitian, dan pengabdian
  6. Pemutakhiran dan perluasan wawasan substansi bidang kajian keilmuan multikultural-transdipliner dan kajian lintas agama
  7. Penyediaan layanan konsultasi percepatan Lektor Kepala dan Guru Besar, serta penulisan jurnal ilmiah bereputasi internasional.