Home Berita Pembekalan Mahasiswa KKN-VDR 2021 (Kuliah Kerja Nyata dari Rumah) IAIN Manado

Pembekalan Mahasiswa KKN-VDR 2021 (Kuliah Kerja Nyata dari Rumah) IAIN Manado

by admin

LP2M IAIN Manado – Sebanyak 40 orang Mahasiswa IAIN Manado yang berasal dari fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah serta 1 orang dari Fakultas Syariah yang akan melaksanakan KKN Virtual Dari Rumah (VDR) mengikuti serangkaian materi pembekalan selama 2 hari sejak hari selasa tanggal 2 Maret 2021 hingga hari rabu tanggal 3 Maret 2021 sebelum kemudian melaksanakan kegiatan KKN VDR yang akan berlangsung selama 1 bulan di tempat tinggal mereka masing-masing.

KKN VDR yang difasilitasi oleh LP2M IAIN Manado kali ini mengangkat tema “IAIN Mengabdi” Penanganan Covid 19 & Moderasi Beragama”. LP2M IAIN Manado mengundang beberapa narasumber untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa terkait tema KKN VDR.

Materi di hari selasa dibawakan oleh 4 narasumber; narasumber pertama Dr. Musdalifah Dachrud, S.Ag., S.Psi., M.Si,Psi (Wakil Rektor III IAIN Manado) dengan mengangkat topik “Menjadi Mahasiswa Kreatif; Tantangan dan Peluang dalam Masyarakat Multikultural”, materi II dibawakan oleh Prof. Dr. Oman Fathurrahman, M.Hum (Guru Besar UIN Jakarta dan DirekturJendral PHU Kemenag RI) dengan topik “Strategi Mebangun Narasi Moderasi Beragama dalam Masyarakat Multikultural”, narasumber III Dr. Suwendi, M.Ag (Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Diktis Kemenag RI) dengan topik “Pengembangan Model KKN-DR di Era Covid 19”, Materi IV yang merupakan meteri terakhir di hari selasa dibawakan oleh narasumber terakhir yaitu Dr. Ahmad Rajafi, M.HI (Wakil Rektor I IAIN Manado) dengan topik “Strategi Dakwah di era Pandemi”.

Materi pembekalan kemudian dilanjutkan pada hari Rabu dengan 4 narasumber; narasumber pertama Taufiq Bil Faqih, M.Si (Gusdurian/Komisioner Bawaslu Kota Manado) dengan topik materi “Strategi Propaganda dan Komunikasi Kreatif di era Digital”, narasumber berikutnya yang mengisi materi VI adalah Rickson Karundeng (Jurnalis/Mawale Movement) dengan topik “Teknik Penulisan Essay /Opini di Media” materi VII dibawakan oleh Yunan Helmy Balamba (Youtuber/A.k.a. Boss Cendols) dengan membawakan topik “Teknik Pembuatan Konten Kreatif di Media Sosial”, narasumber terakhir yang mengisi materi VIII adalah dr. Nenny Anggreany Tubagus (Gugus Tugas Covid-19 DInkes Manado ) dengan topik “Covid-19; Menuju Era New Normal & Kondisi Terkini Manado”.

Serangkaian materi diatas diikuti dengan antusias oleh seluruh mahasiswa KKN VDR, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh para mahasiswa KKN VDRterkait materi pada saat sesi tanya jawab dengan para narasumer. LP2M IAIN Manado berharap narasumber-narasumber yang telah diundang untuk menjadi pemateri dapat memberikan pengetahuan tambahan kepada mahasiswa sehingga mempermudah mahasiswa pada saat pelaksanaan kegiatan sehingga kegiatan KKN VDR ini dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat bagi mahasiswa serta masyarakat meskipun dilaksanakan secara Virtual Dari Rumah. (Nur Alfiyani)

 

You may also like