(31/07) Peningkatan kualitas dosen terkait pembuatan proposal penelitian menjadi perhatian khusus bagi LP2M IAIN Manado. Kali ini, melalui kegiatan Klinik Proposal yang merupakan kegiatan kedua kalinya dibuat terkait dengan pendampingan dan pembimbingan proposal penelitian untuk pengajuan tahun 2020. Diskursus yang diangkat kali ini adalah tentang Literatur Review dengan narasumber Delmus P. Salim, Ph.D (Rektor IAIN Manado).
“Literatur Review (LR) merupakan overview yang komprehensif terhadap semua pernyataan/teori dalam topik yang diteliti sampai saat ini.” Ungkap narasumber dalam materinya. Lanjutnya “LR sebagai dasar dari ide yang diteliti yang mengandung konteks, relevansi dan background.”
Dalam materinya, narasumber membagi tipe literatur review jadi dua tipe, yaitu eksperimental dan teoritikal dengan cara pendekatan mensurvey, menganalisa, menkritisi informasi atau bacaan tentang topik. Adapun alur dalam membuat literatur review dengan menggunakan dua bentuk. Pertama, narratif review yaitu memuat diskusi teoritis dan analisis kritis dari informasi yang relevan terhadap topik penelitian, diawali dengan pendahuluan yang berisikan konteks penelitian dan topik review, kemudian pembahasan berisikan perbandingan dan perbedaan penelitian sebelumnya serta mengidentifikasi GAP yang belum dikaji dalam penelitian sebelumnya tersebut, serta kesimpulan yang mencantumkan analisis terhadap semua riset tentang topik yang diteliti dan menunjukkan pendekatan yang digunakan terhadap riset yang akan dilakukan.
Kedua, sistematik reviews yaitu memuat fokus terhadap satu pertanyaan penelitian dan tujuan penelitian yang bersifat sistematis dengan alur pendahuluan dimulai dengan samples dan keluaran penelitian yang akan dikaji, selanjutnya metode dengan cara mempersempit bacaan yang akan direview didasarkan pada pertanyaan penelitian, database dibuat berdasarkan pertanyaan penelitian, menganalisa samples penelitian, serta diskusi yaitu menginterpretasikan data kajian berdasarkan signifikansi dan kekuatan hasil penelitian dengan memberikan hasil yang kuat yang divalidasi oleh metode analitis.

Ruang lingkup literatur review yang cukup penting dalam pembuatan proposal, sehingga dalam kegiatan klinik proposal kali ini moderator Rahman Mantu, M.Hum (Kepala Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah) LP2M IAIN Manado, memberikan kesempatan kepada para dosen, peserta kegiatan untuk mendiskusikan literatur review proposal penelitian yang hendak diajukan awal agustus tahun ini.
Ketua Lembaga Penelitian LP2M IAIN Manado, Dr. Arhanuddin Salim, M.Pd.I mengapresiasi bagi dosen yang hadir kali ini, karena kegiatan ini dibuat atas permintaan para dosen itu sendiri agar LP2M bisa memberikan pendampingan dalam pembuatan proposal penelitian, sehingga kegiatan semacam ini akan dimaksimalkan hingga batas waktu proses pengajuan proposal penelitian berakhir.